Sebarkan Info Menarik, Unik dan Bermanfaat

Cara Membuat Artikel Yang Menarik

Add caption
Artikel yang menarik jadi satu diantara daya tarik kuat untuk meningkatkan traffic blog, Tentunya semakin banyak jumlah pengunjung, website Anda akan bertahan serta tumbuh. Sebaliknya, bila satu website jarang-jarang didatangi orang, website itu akan terbenam antara beberapa ribu website yang lain. Lalu bagaimana cara membuat artikel menarik serta apakah saja tanda keberhasilannya? Baca penuturannya di bawah ini.

Dalam membuatnya, artikel untuk website serta artikel untuk media bikin punya ketidaksamaan. Ketidaksamaan ini ada sebab karakter pembaca artikel di website serta karakter pembaca artikel pada media cetak tidak sama. Pengunjung Blog memiliki ciri-ciri tidak membaca artikel secara keseluruhnya, tetapi membaca secara cepat.

Cara Membuat Artikel yang menarik serta Berkualitas untuk Dibaca: 

1. Pilih Tema yang Menarik 

Sebelum membuat artikel, dapatkan terlebih dulu tema yang disenangi serta diperlukan pembaca dari bagian tulisan yang Anda pilih. Jadi nilai lebih yang benar-benar bagus bila Anda temukan tema yang dapat tahan lama atau tetap bermanfaat setiap waktu tanpa ada dipengaruhi trend. Tema seperti ini diketahui dengan arti tema evergreen.

2. Lakukan Analisa Kata kunci (keyword)

Untuk beberapa artikel yang akan di-publish di website serta blog, analisa kata kunci (keyword) atau analisa kalimat kunci penting untuk dikerjakan. Kata kunci (keyword) atau kalimat kunci ialah beberapa kata yang seringkali diketikkan pemakai internet untuk cari info lewat mesin pencari seperti Google. Analisa kata kunci (keyword) dibutuhkan untuk tahu kata kunci (keyword) yang terbanyak digunakan orang terutamanya pada bagian Anda.

Analisa kata kunci (keyword) dapat dikerjakan dengan beberapa jenis alat, diantaranya alat gratis Google Kata kunci (keyword) Planner. Analisa ini akan menolong Anda mendapatkan beberapa ide baru untuk tulisan artikel Anda. Google seringkali memberi info tentang kata kunci (keyword) yang masih terkait dengan kata kunci (keyword) yang sedang Anda analisa. Benar-benar menarik, tidak?

Analisa kata kunci (keyword) diperlukan untuk kepentingan Search Engine Optimization (SEO) serta mereka yang jalankan usaha untuk keperluan online marketing. Jadi, bila Anda punya website serta ingin beberapa orang mengunjunginya tiap hari, karena itu Anda perlu lakukan analisa kata kunci (keyword) dan belajar SEO.

cara membuat artikel yang menarik dengan cepat dan mudah

3. Teruskan Dengan Membuat Judul Artikel Menarik

Di internet, ada beberapa ribu serta juta-an artikel diupload tiap hari. Dari beberapa artikel, judul artikel jadi faktor yang pertama-tama dilihat oleh pengunjung Blog Anda, tidak? Serta saat link artikel itu diberikan di sosial media, judul artikel juga yang jadi salah satu sisi artikel yang akan dilihat oleh pemakai internet.

Dari judul yang kelihatan itu, orang lalu ingin memutuskan apa akan membaca keseluruhan artikel atau meninggalkannya. Bila judul artikel tidak menarik serta tidak menggugah rasa ingin ketahui, karena itu kemungkinan besar isi artikel tidak dibaca walau Anda sudah membuat artikel yang berkualitas.

Baca juga: cara menulis ulang artikel

Karena itu, untuk cara membuat artikel buatlah judul yang menarik untuk tunjukkan artikel yang Anda bikin tidak sama dengan artikel yang lain serta berisi isi yang berkualitas. Anda dapat membuat judul dengan masukkan angka, membuat judul berbentuk pertanyaan, menggabungkan pemakaian angka serta pertanyaan, atau memakai beberapa kata yang menghidupkan perasaan khusus seperti kejelasan, empati, ingin tahu, kaget serta perasaan yang lain. Berikut contoh-contoh judul artikel menarik dengan isi artikel yang padat berkualitas.

4. Bikin Gambaran yang Menarik

Lengkapi judul, bikinlah gambaran yang menarik. Gambaran yang ditujukan ialah gambaran pencarian yang diisikan waktu Anda mengupload artikel di website atau blog. Gambaran pencarian ini umumnya tidak lebih dari 300 kalimat. Bikinlah gambaran yang dapat memberikan keyakinan serta menarik perhatian pembaca hingga mereka tergerak untuk membaca artikel semuanya. Sesudah lihat judul, gambaran berikut yang setelah itu akan disaksikan serta jadi bahan alasan pembaca.

5. Paragraf Pembukaan yang Memastikan

Tidak cuma pada tulisan artikel untuk website saja, paragraf pembuka jadi penentu untuk artikel yang diterbitkan dimana juga. Jauhi berbasa-basi pada paragraf pembuka ini. Sebaliknya, berikan suatu hal yang membuat ingin tahu. Ini tidak pekerjaan gampang. Anda bisa saja akan memerlukan waktu yang lebih lama untuk membuat paragraf pembuka yang betul-betul menggigit.

Anda dapat mengawalinya dengan satu pertanyaan atau pengakuan yang menohok. Atau Anda langsung bisa memberikan keterangan singkat mengenai isi artikel. Pokoknya, bikin pembaca ingin meneruskan membaca paragraf-paragraf selanjutnya.

6. Isi Artikel

Pasti Anda pernah atau serta seringkali temukan artikel yang makin banyak terdapat kalimat yang berputar serta berkali-kali. Sesaat info pokok yang akan dikatakan nyatanya cuma sedikit. Dengan kalimat lain, bumbu beberapa kata makin banyak dari hidangan intinya. Artikel semacam ini benar-benar membosankan.menjengkelkan untuk dibaca serta kemungkinan besar pembaca akan meninggalkannya sebelum selesai membaca.

Berikan bukti serta data yang datang dari sumber paling dipercaya, contohnya hasil riset ilmiah, skripsi, laporan-laporan serta berita dari media info paling dipercaya. Upayakan untuk memakai lebih dari satu sumber info supaya artikel yang Anda bikin jadi lebih komplet serta kaya info. Bila memang data serta bukti yang Anda dapatkan sedikit, karena itu tidak perlu membuat artikel yang panjang. Cocokkan dengan data serta bukti yang ada hingga artikel tidak terkesan berbelit-belit.

7. Penutup Artikel yang Menimbulkan Kesan

Sisi penutup artikel sering diacuhkan sebab dipandang tidak penting. Walau sebenarnya bila Anda sukses membuat pembaca membaca sampai di akhir serta senang dengan info yang tersaji, tidak mustahil tulisan Anda akan diberikan serta makin beberapa orang yang akan membacanya. Karena itu, bikinlah penutup yang terkesan.

Bila diawalnya artikel Anda menyodorkan pertanyaan, karena itu beri jawaban dibagian penutup ini. Selain itu jika diawalnya artikel Anda memberi pengakuan yang menohok, karena itu sediakan pertanyaan diakhir artikel. Dengan cara ini pembaca akan memerhatikan sampai di titik paling akhir seperti melahap makanan di piring sampai tidak bersisa.

8. Lengkapi Artikel Dengan Contoh dan Gambar

Contoh berbentuk photo atau infografis akan menolong mempermudah pembaca untuk mengerti isi artikel yang Anda bikin. Diluar itu, artikel yang panjang jadi tidak berasa menjemukan untuk dibaca jika diperlengkapi dengan contoh yang menarik. Seharusnya upayakan untuk memakai contoh dengan resolusi tinggi serta terkait dengan isi artikel. Janganlah lupa untuk memberikan sumber contoh bila Anda mengambilnya dari website lain.

Bila Anda telah coba ke-8 cara membuat artikel yang menarik itu, lalu apa tanda keberhasilan artikel yang sudah Anda bikin? Salah satunya cara untuk lihat tingkat keberhasilan artikel yang Anda bikin dengan manfaatkan sosial media, contohnya saja Facebook. Bila artikel diberikan di Facebook, Anda dapat lihat jumlahnya Likes, jumlahnya komentar serta berapakah kali artikel itu diberikan.

Sedang di website serta blog, keberhasilan artikel dapat disaksikan dari traffic website yang terus bertambah, jumlahnya komentar pada artikel serta berapakah kali artikel itu diberikan oleh pembaca ke sosial media yang mereka pakai. Anda dapat memakai Google Analytics untuk lihat jumlahnya pengunjung website tiap bulan, halaman yang terbanyak didatangi, traffic pengunjung, dll.

Demikian penjelasan singkat tentang bagaimana cara membuat artikel yang menarik untuk dibaca. Terimakasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat.

Cara Membuat Artikel Yang Menarik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin